Widget by Restana Corporation

Monday, October 6, 2014

Istilah Istilah Komputer


ISTILAH-ISTILAH DALAM KOMPUTER


NO
NAMA ISTILAH
PENJELASAN
1
Adapter
Rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.
2
Account
Relasi yang terbentuk antara pemakai dan komputer, jaringan atau servis informasi. User account terdiri dari nama atau identitas pemakai dan password
3
Access Point
Sebuah pusat atau titik penghubung komunikasi antar perangkat tanpa kabel (Wireless) dengan tujuan untuk membentuk suatu jaringan wireless.
4
Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.
5
AbiWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
6
Access Method
Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.
7
Access Provider
Sebuah perusahaan yang mem-provide suatu sistem komputer yang menghubungkan komputer user dengan internet
8
Accessibillity
Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.
9
Acrobat
Acrobat atau Acrobat Reader merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Adobe. Acrobat merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengubah, membaca, dan mengkonversi dokumen berformat PDF (Portable Document Format).
10
Address
Kode rahasia di internet mengidentifikasi anda, sehingga orang itu dapat mengirim surat kepada anda. Biasanya berbentuk seperti username@hostname, yang berarti username adalah nomor rekening, nama login, atau nama pemakai anda, dan hostname adalah nama internet untuk komputer atau penyedia jasa internet yang anda pakai. Hostname dapat berwujud beberapa kata yang diuntai bersama-sama dengan tanda titik.
11
Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
12
Bad Sector
Area atau lokasi data pada disk yang tidak bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan dikarenakan kelalaian pengguna atau cacat produksi.
 Lokasi Bad sector biasanya akan ditandai secara otomatis oleh sistem operasi jika terdeteksi, tapi pada kasus tertentu dibutuhkan sebuah aplikasi manajemen disk yang mampu menunjukkan lokasi dengan lebih akurat.
13
Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit
14
Basic Access Method
Suatu metode pengaksesan di mana setiap pernyataan input maupun output mengakibatkan mesin yang dituju dapat melaksanakan perintah yang dimaksud.
15
Batch
Sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu kesatuan.
16
Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika is tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply
17
Beep
Suara yang muncul melalui speaker komputer, umunya menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.
18
Binary
Sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan O. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status on dan off.
19
BIOS (Basic Input Output System)
1.      Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk memboot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permane.
2.       Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.
20
Brainware
Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.
21
Boot
Kegiatan menghidupkan komputer dengan bootstrap loader.
22
Browse
Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk
23
Browser
Perangkat lunak untuk berselancar di internet. Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses world wide web. Kemampuan dari sistem ini diantaranya adalah menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut. Kini terdapat pula Microbrowser ialah browser yang dimodifikasi yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan data di internet melalui perangkat genggam nirkabel.
24
Cache
Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanana sementara untuk file-file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network)
25
Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban
26
CD RW
Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive
27
Cheat
Cheat adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memanipulasi proses permainan dalam sebuah game. Cheat dapat berupa kode atau opsi khusus yang sengaja disediakan oleh pembuat game tersebut.
28
Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari graft 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.
29
Crack
Modifikasi terhadap perangkat keras atau lunak dengan cara mengubah kode atau struktur aslinya. Melakukan Crack (Cracking) terhadap perangkat keras atau lunak milik orang lain tergolong perbuatan ilegal, karena merusak hak cipta.
30
Data Link Layer
Lapisan kedua dari model OSI, yaitu lapisan yang bertugas mengatur hubungan antara pengirim dan penerima, dan memastikan pesan sampai ke tujuan dengan baik.
31
Edit
Untuk membuat perubahan pada isi suatu file
32
Error
Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware
33
Fdisk
Fdisk adalah salah satu perintah dari sistem operasi Windows yang berfungsi untuk memanipulasi partisi pada hardisk melalui sistem DOS. Anda bisa membuat, menghapus, serta mengubah ukuran dan susunan partisi menggunakan perintah Fdisk.
34
Graphical User Interface (GUI)
GUI atau "antar muka grafis", tampilan yang memungkinkan Anda untuk menggunakan mouse untuk berinteraksi pada suatu sistem operasi atau aplikasi.
35
Host
Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.
36
HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet.
37
Install
Secara sederhana diartikan sebagai aktivitas memasang suatu perangkat lunak atau keras pada komputer. Khusus untuk perangkat lunak, umumnya dibutuhkan sebuah program tambahan yang disebut installer.
38
UTP
Singkatan dari Unshielded Twisted Pairs, sejenis kabel untuk jaringan yang menggunakan topologi star
39
USB (Universal Serial Bus)
Socket yang terdapat di semua PC model bare untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem dan printer.
40
Zip
ZIP merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file).

1.      PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS)
2.      WinZip (untuk Windows 95)
3.      zip dan unzip (gratis untuk UNIX)

Related Post :

Newer Post Older Post Home
Comments
0 Comments

0 comments: