Widget by Restana Corporation

Monday, October 6, 2014

Contoh Program Pascal


Mahasiswa irit atau boros
---------------------------------
program Mahasiswa_Irit_Boros;
uses crt;
var
         saku, peng, hasil : integer;

begin
         write('JUmlah Uang saku anda perminggu : '); readln(saku);
         write('Pengeluaran anda perminggu : '); readln(peng);

   hasil:=saku-peng;
   if hasil>=peng then
          writeln('sisa uang saku anda perminggu adalah : ',hasil,' maka anda adalah orang yang irit')
   else
           writeln('sisa uang saku anda perminggu adalah : ',hasil,' maka anda adalah orang yang boros');
end.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program Menghitung Gaji
---------------------------------
program menghitung_gaji;
uses crt;

var
     nama_pegawai:string;
     alamat:string;
     gaji_pokok,tunjangan,pajak,gaji_bersih:comp;


begin
     writeln('menghitung gaji bersih pegawai');
     write ('nama pegawai:');readln(nama_pegawai);
     write ('alamat:');readln(alamat);
     write ('gaji pokok:');readln(gaji_pokok);



     tunjangan:=0.15 * gaji_pokok;
     pajak:=0.075 * gaji_pokok;
     gaji_bersih:=gaji_pokok+tunjangan-pajak;

     writeln(nama_pegawai);
     writeln('gaji pokok anda adalah',gaji_pokok);
     writeln('tunjangan anda sebesar',tunjangan);
     writeln('pajak anda sebesar',pajak);
     writeln('gaji bersih anda adalah',gaji_bersih);

end.
---------------------------------------------------------------------------------------

Program If_Kombinasi
--------------------------------

program IfKombinasi;

uses crt;

var
angka1,angka2 : integer;

begin

writeln('Masukkan angka pertama : '); readln(angka1);

writeln('Masukkan angka kedua : '); readln(angka2);


if {not} (angka1>3) and {or} (angka2>4) then

begin

writeln('Anda memasukkan nilai angka pertama > 3 dan kedua > 4');
         end

end.
----------------------------------------------------------------------------------------------

Program Tebakan_Angka
-------------------------------
program Tebakan_Angka;

uses crt;

var
angka,tebakan : integer;


begin

clrscr;

angka:= 2;

writeln('Tebak angka antara 1 dan 10'); readln(tebakan);


if angka = tebakan then

writeln('Selamat!, Tebakan anda benar.')

else

writeln('Maaf, Tebakan anda salah.')

end.
--------------------------------------------------------------------------------

Program Menghitung Detik Menit
-----------------------------------------
program PenghitungJamKeMenit;

uses crt;

var
   jam, menit,i,hasil,dtk,hasildtk : integer;

begin
     clrscr;
     write('Masukkan NIlai Waktu/Jam : '); readln(jam);
     i:=60;
     dtk:=3600;
     if jam =1 then
        begin
        hasil:=jam*i;
        hasildtk:=jam*dtk;
        writeln(jam, ' jam sama dengan ',hasil,' menit dan ', hasildtk, ' detik');
        end
        else
        begin
             hasil:=jam*60;
             hasildtk:=jam*dtk;
             writeln(jam,' jam sama dengan ',hasil, ' menit dan ', hasildtk, ' detik');
        end;
end.
-----------------------------------------------------------------------------

Program Kalkulator
-------------------------
Program Kalkulator;
uses    crt;

var     angka1,angka2,hasil:real,2;
        operasi:char;

begin
clrscr;
        writeln('APLIKASI KALKULATOR');
        writeln('===================');
        write('MASUKKAN ANGKA PERTAMA : '); readln(angka1);
        write('LAKUKKAN OPERASI (+,-,/,*) : '); readln(operasi);
        write('MASUUKKAN ANGKA KEDUA : '); readln(angka2);
        case operasi of
            '+': hasil :=angka1+angka2;
            '-': hasil :=angka1-angka2;
            '*': hasil :=angka1*angka2;
            '/': hasil :=angka1/angka2;
        end;
        writeln('HASIL DARI ',angka1,' ', operasi,' ', angka2, ' = ',' ', hasil);
end.
-----------------------------------------------------------------------

Program Pangkat_Kuadrat
----------------------------------
program pangkat_kuadrat;
uses crt;

var
   bil : integer;


function pangkat2(b: integer) : integer;
var
   hasil : integer;  {hasil sebagai variabel lokal}
begin
   hasil := b *b;
   pangkat2 := hasil;

end;

{bagian prog.utama}
begin
   clrscr;
   write('silakan masukan bilangan bulat : '); readln(bil);
   write('hasil pangakt adalah ', pangkat2(bil));

   readkey;
end.
----------------------------------------------------------------------------

Program Luas Persegi Panjang
-------------------------------------
Program Luas_Persegi_Panjang;

uses crt;

var
   panjang : real;
   lebar : real;
   luas : real;

begin
     clrscr;
     writeln('===================================');
     writeln('| ','MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG',' |');
     WRITELN('');
     writeln('| ','RUMUS : PANJANG X LEBAR (p x l)',' |');
     writeln('===================================');
     writeln('');
     write('Nilai Panjang Persegi Panjang : '); readln(panjang);
     write('Nilai Lebar Persegi Panjang : '); readln(lebar);
     Writeln('Rumus Luas Persegi Panjang : Panjang x Lebar (p x l)');
     luas :=panjang*lebar;
     writeln('');
     writeln('=============================');
     writeln('| ','Jadi p x l = ',panjang:0:1,' x ',lebar :0:1);
     writeln('==============================');
     writeln(luas:0:1);


end.
-------------------------------------------------------------------------

program NeastedIf;

uses crt;

var 
A,B,C : integer;


begin
clrscr;

writeln ('Masukkan tiga angka dengan spasi'); readln(A, B, C);


if A >= B then
begin

if A >= C then

writeln (A, ' adalah nilai terbesar')

else

writeln (C, ' adalah nilai terbesar')

end

else if B >= C then
begin

if B >= C then

writeln (B, ' adalah nilai terbesar')
else
writeln (C, ' adalah nilai terbesar')
end


else if C >= A or B then

writeln(C, ' adalah nilai terbesar');
end.
-----------------------------------------------------------------------------------

Program Pegawai
---------------------
program pegawai;
uses crt;
var
        gajipokok, gajibersih, tunjangan1, tunjangan2, tunjangan3, tunjangan4 :real;
        status :char;
        nama, alamat :string[30];
        jumlah :integer;
begin
        clrscr;
        write('Nama                  : '); readln(nama);
        write('Alamat                : '); readln(nama);
        write('Gaji pokok            : Rp '); readln(gajipokok);
        write('Status D:menikah, S:belum menikah : '); readln(status);
        write('Jumlah anak           : '); readln(jumlah);
        if (status = 'D') then
                if(jumlah <= 3) then begin
                        tunjangan1 :=(5 * gajipokok) / 100;
                        tunjangan2 :=(2 * gajipokok * jumlah) / 100;
                        gajibersih := gajipokok + tunjangan1 + tunjangan2;
                        writeln('tunjangan suami/istri : Rp ',tunjangan1:0:0);
                        writeln('tunjangan anak        : Rp ',tunjangan2:0:0);
                        writeln('gaji bersih           : Rp ',gajibersih:0:0);
                end
                else
                begin
                        tunjangan1 :=(5 * gajipokok) / 100;
                        tunjangan2 :=(2 * gajipokok * 3) / 100;
                        tunjangan3 :=(3 * gajipokok * (jumlah - 3)) / 100;
                        tunjangan4 :=tunjangan2 + tunjangan3;
                        gajibersih :=gajipokok + tunjangan1 + tunjangan4;
                        writeln('tunjangan suami/istri : Rp ',tunjangan1:0:0);
                        writeln('tunjangan anak        : Rp ',tunjangan4:0:0);
                        writeln('Gaji bersih           : Rp ',gajibersih:0:0);
                        writeln('Terima Kasih');
                end
        else
                writeln('gajibersih            : Rp ',gajipokok:0:0);
        readkey;
end.
-----------------------------------------------------------------------------------

Program Status Bilangan Ganjil/Genap
-----------------------------------------------
program StatusBilangan;

uses crt;


var
 angka :integer;


begin

clrscr;

writeln('STATUS BILANGAN');

writeln('===============');


write('Masukkan Bilangan : '); readln(angka);


if angka < 0 then

begin

   if angka mod 2 = 0 then

writeln('Status Bilangan : GENAP/NEGATIF')

   else

writeln('Status Bilangan : GANJIL/NEGATIF')

end
   else

begin

if angka mod 2 = 0 then

writeln('Status Bilangan : GENAP/POSITIF')

else

writeln('Status Bilangan : GANJIL/POSITIF')
end;

end.
-------------------------------------------------------------------------------------------

Program Game Tebak
---------------------------
program Game_Tebak;

uses crt;

var
pilih : integer;
        tebak1, tebak2, tebak3  : string ;
begin
clrscr;
writeln('=======================================');
writeln('|',' SELAMAT DATANG DI GAME TEBAK-TEBAKKAN ','|');
writeln('=======================================');
writeln('');

writeln('*','PILIH KATAGORI GAME ','*');
writeln('1. Mudah');
writeln('2. Sedang');
writeln('3. Sulit');
writeln('-----------------------');
writeln('');

write('Masukkan Pilihan Katagori Anda 1,2,3 : '); readln(pilih);

case pilih of
    1 :
             begin
                writeln('===========================');
                writeln('| ','Game Tebakan Katagori Mudah','|');
                writeln('===========================');
                write('Soal Tebak : Siapakah grup band yang berwarna : '); readln(tebak1);
                if tebak1='ungu' then
                   writeln('Tebakan Anda Benar')
                else
                   writeln('Tebakan Anda Salah, Jawaban Yang Benar Adalah Ungu');
             end;

             2 :
             begin
                writeln('===========================');
                writeln('| ','Game Tebakan Katagori Sedang',' |');
                writeln('===========================');
                write('Soal Tebak : Bidadari bidadari tanpa dada maka akan menjadi : '); readln(tebak2);
                if tebak2='biri biri' then
                   writeln('Tebakan Anda Benar')
                else
                    writeln('Tebakan Anda Salah, Tebakan Yang Benar Adalah biri biri');
             end;


             3 :
             begin
                  writeln('============================');
                  writeln('| ','Game Tebakan Katagori Sulit', ' |');
                  writeln('============================');
                  write('Soal Tebak : Siapakah Penemu Dan Perancang Windowsm 8: '); readln(tebak3);
                  if tebak3='Steven Jay Sinofsky' then
                     writeln('Tebakan Anda Benar')
                  else
                      writeln('Tebakan Anda Salah, Tebakan Yang Benar adalah Steven Jay Sinofsky');

             end;
end;
end.
-------------------------------------------------------------------------------------------

Program USia
--------------------
program menghitung_umur;
uses wincrt;

var
     nama : string;
     umur,TL:integer;

begin
     writeln('masukan nama:');readln(nama);
     writeln('masukan tahun lahir:');readln(TL);

     umur:=2014-TL;
     writeln(umur);
     readkey;
end.



Related Post :

Newer Post Older Post Home
Comments
0 Comments

0 comments: