Widget by Restana Corporation

Monday, October 6, 2014

Aplikasi Open Source


7Zip SOFTWARE OPENSOURCE
Nama Software                     :      7Zip
Pembuat/Vendor Software  :      Igor Pavlov
Screenshoot/Tampilan         :     
Fitur                                       :     
Ada beberapa fitur yang ada pada aplikasi 7Zip ini. Dengan fitur inilah yang membuat 7Zip mempunyai keunggulan dari yang lainnya :
·         Berdasarkan website resmi 7Zip, rasio kompresi yang tinggi dalam format 7z.
·         Dapat meng-compress file menjadi 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM.
·         Bisa meng-extract file berekstensi ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR dan Z. Sehingga dapat digunakan untuk hampir semua file arsip yang ada saat ini.
·         Tampilan yang sederhana, dan mudah dipahami.
  • 7-Zip menawarkan antarmuka file explorer dasar dan juga terintegrasi ke dalam menu klik kanan Windows. Hal ini untuk mempermudah dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.
  • 7-Zip bekerja pada Windows 98/ME/NT/2000/XP/Vista bahkan Linux atau Unix.
  • Di dukung  hampir 70 bahasa.
  • Maksimal file yang bisa di kompress 16jt Tb.
·         Mendukung AES-256 encryption dalam format 7z dan ZIP.

·         Terdapat fasilitas Self-extracting untuk format 7z.

Download File Doc nya di sini Lengkap dengan gambar
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

GIMP (GNU Image Manipulation Program)

1.      Nama Software               : GIMP (GNU Image Manipulation Program)
2.      Pengembang                   : Spencer Kimball dan Peter Mattis
3.      Screenshoot/Tampilan   :
                                                    Gambar 1 Tampilan Awal
4.      Deskripsi
GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License.[2] GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix.[2] Namun saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.
5.      Fitur
1)      File Format
GIMP mendukung beberapa file format seperti JPEG (JFIF), GIF, PNG, TIFF. Bahkan GIMP juga mendukung file Adobe Photoshop yaitu psd.
2)      Digital Retouching
GIMP adalah aplikasi yang idel untuk photographer ataupun untuk grapic designer karena GIMP hampir memiliki fitur yang sama seperti photoshop. Tool – tool yang sering digunakan adalah Healing tool atau Clone tool untuk memperindah foto yang diedit.
3)      Customizable Interface
Dengan panel yang dapat di ubah – ubah memudahkan kita dalam penyusunan panel dan  membuat area kerja tetap terlihat rapi.
4)      Layers and Groups Layer
Layer dapat diumpamakan seperti kanvas yang transparan. Dengan bantuan layer kita dapat memisah beberapa gambar sesuai dengan keinginan kita. Contohnya dengan menyusun layer sesuai dengan warna. Selain dapat dilakukan hal tersebut kita juga bisa mengumpulkan beberapa layer menjadi group layer.
5)      Transformation tools
GIMP mendukung beberapa transformation mode diantaranya rotate, scale, shear and flip.
6)      Selection tools
Selain mendukung transformation mode GIMP juga dilengkapi dengan selection tool yang berguna untuk memilih area foto yang akan diedit, selection tools dapat berupa rectangle, rounded rectangle, ellipse, free, fuzzy
7)      Path tool
Untuk melakukan pemilihan area yang lebih kompleks bisa dilakukan menggunakan path tool, dengan menggunakan tool ini kita bisa membentuk sendiri pola dari area foto yang akan diedit. Path tool dapat berupa bezier dan polygonal selections.
8)      Plug-ins
Dengan bantuan beberapa Plug-ins kita dapat menambahkan beberap fitur pada GIMP, seperti pengolahan gambar dalam mode batch, yaitu pengolahan beberap gambar yang dilakukan secara bersamaan.

Download File Doc nya di sini Lengkap dengan gambar
-------------------------------------------------------------------------------------------------

Notepad++
Nama Software                : Notepad++
Pengembang                     : Don Ho
Deskripsi
Notepad++ adalah sebuah text editor yang sangat berguna terutama pada kalangan programer. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman. Selain kemampuannya yang dapat menangani beberapa bahasa pemrograman notepad++ juga memiliki lisensi yang gratis dan opensource.
Fitur
1.       Tabbed document interface
Fitur ini berfungsi untuk mempermudah dalam pengerjaan beberapa source code sekaligus secara bersamaan dalam satu jendela windows.

2.       Split screen editing and File comparison
Fitur berfungsi untuk membandingkan beberapa source code dengan cara membagi layar menjadi 2 bagian (Seperti fitur snapping window pada Ubuntu dan Windows) untuk mengedit beberapa source code. Dengan demikian kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk membandingkan beberapa source code. Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara klik kanan pada tab judul file yang dibukan kemudian pilih Move to Other View.

Download File Doc nya di sini Lengkap dengan gambar




Related Post :

Newer Post Older Post Home
Comments
0 Comments

0 comments: